Dunia Kerja

Mager Untuk Bekerja Ke Kantor? Remote Working Solusinya!

Perkembangan zaman membuat berbagai aspek dalam kehidupan manusia hari demi hari terus berkembang. Dalam dunia kerja, sudah tak lazim para karyawan masa kini tidak harus bangun pagi dan pergi ke kantor untuk bekerja. Asal pekerja memiliki koneksi internet dan perangkat yang memadai maka ia bisa bekerja dimanapun dan kapanpun. Bukan hanya pekerjanya saja, perusahaan masa kini juga sebagian besar banyak yang memperbolehkan karyawannya untuk tidak pergi ke kantor dalam bekerja. Hal ini dinamakan dengan “remote working”. 

Di negara kita, Indonesia, praktik remote working cukup banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dan praktik ini dicari masyarakat loh! Meskipun pekerjaan bisa kamu garap dimana saja dan tak kenal waktu, gaji yang didapatkan oleh pekerja remote setara dengan pekerja pada umumnya, dan tak jarang lebih tinggi. Remote working mampu menarik perhatian banyak orang dan mungkin kamu salah satunya! Sebelum beranjak lebih jauh, kamu harus menyimak artikel berikut ini untuk lebih mengenal apa itu sebenarnya remote working!

What is Remote Work? (remoteyear.com)

Konsep Remote Working

Remote working secara general merupakan pekerjaan yang bisa kamu lakukan tanpa harus pergi ke tempatmu bekerja. Artinya, kamu yang menjalankan pekerjaan remote, bebas memilih tempat kerjamu sendiri. Entah itu di café, rumah, atau coworking space. Maka dari itu, metode kerja yang seperti ini dinilai mampu memberi kenyamanan bagi karyawan maupun si pemberi kerja. Kerja remote pada praktiknya biasanya dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi internet agar para pekerja mampu berkomunikasi satu dengan yang lainnya dan melakukan diskusi mengenai pekerjaan.

Kenali Lebih Jauh Content, Copy, Dan Ux Writer Sebagai Peluang Karir (yaasmin.or.id)

Sebuah survei menyatakan fakta bahwa orang yang lebih memilih untuk bekerja dengan fleksibilitas terhadap lokasi kerjanya sendiri seperti pola kerja remote memiliki kondisi mental yang lebih terjaga. Mengapa demikian? Karena tekanan kerja ketika bekerja secara remote lebih minim daripada dengan bekerja langsung ke kantor atau tempat bekerja lainnya. Melalui cara ini 48% dari responden mampu mendapatkan keseimbangan antara kehidupan pribadi mereka dan pekerjaan yang terjaga dengan baik. Produktivitas seseorang yang bekerja dengan cara ini lebih tinggi, sehingga mereka cenderung mampu menyelesaikan tanggung jawab pekerjaannya dengan maksimal. 

Remote Work: Jobs, Companies & Virtual Teams – Remote.co

Apa Saja Pekerjaan Yang Dapat Dilakukan Secara Remote?

Oleh karena remote working adalah pekerjaan yang dapat kamu selesaikan tanpa pergi ke kantor. Lantas, apa saja pekerjaan yang dapat dilakukan secara remote?

Content Writer

Buat kamu yang memiliki kemampuan menulis, kamu dapat bekerja secara remote menjadi seorang content writer loh!. Profesi ini jobdesc-nya adalah menulis, mengedit, lalu mengirimkan dokumen kepenulisan. Jika ada masukan atau revisi terkait karya tulismu, semuanya dapat disampaikan melalui sosial media atau pesan singkat saja. Dalam profesi ini, kebutuhan tatap muka hampir tidak ada sama sekali. 

Content Writer: Untuk Kamu yang Gemar Menulis! (yaasmin.or.id)

Programmer

Bidang profesi teknologi informasi memang identik dengan cara kerja remote. Seperti content writer, programmer juga bebas memilih tempat kerjanya sendiri dan menggunakan perangkatnya sendiri. Dengan tugas menguji program yang mereka buat, dengan menggunakan aplikasi bahasa pemrograman tak heran jika remote working dilakukan oleh programmer.

Online Teaching Jobs In Urdu Job Vacancies in United States (December, 2021) – 7 New Openings! (receptix.com)

Graphic Designer

Profesi ini juga bisa dilakukan secara remote. Pasalnya graphic designer biasa dilakukan secara freelance dengan menjalin kontrak dengan sebuah perusahaan. Jika kamu memiliki portofolio yang bagus dan meyakinkan, kamu tentu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan klien sebagai designer dan menyelesaikan proyek tersebut.

Mengenal Profesi Kekinian sebagai Graphic Designer – (yaasmin.or.id)

Itu dia informasi mengenai remote working. Untuk kamu yang tertarik di bidang kepenulisan, kamu dapat bergabung bersama kami di Yaasmin untuk menyalurkan minat dan bakatmu!

Penulis : Jessie Joy

Editor : Lishandra Naufalina

Leave A Comment

Your Comment
All comments are held for moderation.