Education

Belajar untuk Ujian SBMPTN dan Mandiri dengan 5 Tips ini!

Belajar dengan cara yang efektif dapat meningkatkan pemahaman terhadap suatu topik bahasan. Bagi kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), wajib untuk mengetahui 3 jenis seleksi masuk PTN. Beberapa seleksi tersebut adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri dari Universitas. 

Apa sih, perbedaan ketiga seleksi tersebut? SNMPTN merupakan seleksi yang diikuti oleh pelajar yang masih aktif di kelas 3 SMA/SMK/MAN, dilakukan dengan menggunakan nilai raport dari semester 1 hingga semester 5 dan prestasi akademik. Namun, tidak semua siswa dapat mendaftar jenis seleksi ini karena terdapat penentuan kuota berdasarkan akreditasi sekolah. 

SBMPTN merupakan seleksi dengan menggunakan tes tertulis terdiri dari TPS (Tes Potensi Skolastik) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Tes yang diujikan dalam TPS diantaranya Pemahaman Bacaan dan Menulis, Tes Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Penalaran Umum. Sedangkan TKA, yang akan diujikan adalah materi-materi rumpun sains dan teknologi (saintek) dan sosial humaniora (soshum). 

Jalur mandiri universitas merupakan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan oleh universitas itu sendiri. Setiap universitas memiliki ketentuan yang berbeda-beda terkait dengan tata cara ujian dan materi yang diujikan, untuk mengetahui informasi tersebut secara lebih lengkap kamu bisa mengunjungi laman website resmi masing-masing universitas.

Nah, untuk menghadapi ujian SBMPTN dan mandiri tersebut, di sini akan dibahas mengenai tips belajar efektif yang bisa kamu terapkan supaya hasil belajarmu bisa lebih maksimal. Yuk disimak!

Belajar soal SBMPTN tahun sebelumnya.

Ilustrasi mengerjakan soal

Sebenarnya beberapa soal ujian dari tahun ke tahun memiliki persamaan konsep soal. Oleh sebab itu, disarankan untuk menguji kemampuan awal kamu dengan mengerjakan soal SBMPTN tahun lalu sebelum kamu mulai mendalami materi SBMPTN.

Hal ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuanmu di tahap awal ini dan dapat dijadikan pula sebagai pijakan dalam menentukan fokus belajar. Misalnya, setelah mengerjakan soal ternyata kamu masih lemah pada soal kuantitatif maka kamu bisa memperbanyak porsi belajar untuk bidang ini. Dengan catatan, materi lainnya juga harus tetap dipelajari, ya!

Menyusun jadwal belajar dan target penguasaan materi.

Ilustrasi mengagendakan Belajar SBMPTN

Agar waktu belajarmu lebih terencana, maka kamu perlu menyusun jadwal belajar. Dengan jadwal belajar, kamu akan memiliki gambaran sampai dengan hari ujian. Hal ini dapat memudahkanmu untuk mengetahui berapa banyak waktu yang tersisa yang dapat kamu manfaatkan sampai hari ujian tiba.

Selain itu, kamu juga dapat menentukan target waktu dalam penguasaan materi, misalnya materi aljabar harus selesai tanggal 20 Maret, maka kamu harus mencapai target itu. Jadwal belajar ini juga sangat membantu untuk lebih konsisten dan disiplin. Pastikan dalam penyusunan jadwal belajar sesuai dengan kenyamanan kamu.

Rajin mengikuti Try Out SBMPTN.

Ilustrasi pengisian form

Setelah mempelajari materi-materi SBMPTN, untuk mengukur seberapa tinggi pemahamanmu maka disarankan untuk rajin mengikuti Try Out. Banyak lembaga-lembaga bimbingan belajar yang mengadakan Try Out secara gratis maupun berbayar secara online.

Dengan rajin mengikuti Try Out kamu juga dapat berlatih mengakrabkan diri dengan suasana dan berbagai jenis soal ujian. Karena sesungguhnya Try Out merupakan ujian persiapan sebelum dihadapkan dengan ujian yang sebenarnya. 

Merangkum materi yang sulit dipahami.

Belajar SBMPTN

Ada kalanya ketika kamu mengerjakan soal, tetapi jawabanmu selalu salah. Sebenarnya karena apa, sih? Hal itu dikarenakan kamu kurang paham dengan materi tersebut.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat rangkuman mandiri terkait materi tersebut. Misalnya, kamu kesulitan dalam materi sosiologi kelompok dan dinamika sosial maka solusinya adalah membaca materi tersebut kemudian merangkumnya dalam buku catatan. Rangkuman ini bisa kamu baca berulang kali untuk mempermudah pemahaman materi.

Evaluasi dan perbanyak latihan soal.

Mempelajari SBMPTN

Tips yang terakhir adalah melakukan evaluasi terhadap semua materi yang sudah kamu pelajari. Evaluasi materi tersebut bisa dilakukan dengan memperbanyak latihan soal. Saat ini soal SBMPTN sudah banyak tersebar di internet, sehingga siapapun bisa dengan mudah memanfaatkannya.

Dengan memperbanyak latihan soal, kamu akan semakin banyak mengetahui berbagai macam jenis soal dan cara penyelesaiannya. Latihan soal juga akan membantu kamu mengetahui materi apa saja yang belum dikuasai sehingga tidak ada materi yang terlewat.

Demikian tips belajar efektif yang bisa diterapkan untuk persiapan ujian SBMPTN dan mandiri. Selain belajar dengan rajin dan giat, jangan lupa untuk selalu berdoa dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agar selalu diberikan kelancaran dan kemudahan. Semoga bermanfaat. 

Penulis : Khusnul Latifah

Editor : Brian Rahman 

Sumber referensi :

Kiram. 2021. https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/perbedaan-jalur-masuk-ptn/ (diakses pada 13 Januari 2022)

Cara Belajar Efektif untuk Menghadapi SBMPTN (diakses pada 14 Januari 2022)

5 Tips Efektif Belajar SBMPTN (diakses pada 14 Januari 2022)

Gambar: 1, 2, 3, 4, 5

Baca juga artikel lainnya:

5 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan, Intip Yuk!

Maba Wajib Tahu, Inilah Serba-serbi Tantangan Saat Kuliah

Serba-serbi Interview Beasiswa di Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang Wajib Kamu Persiapkan!

Leave A Comment

Your Comment
All comments are held for moderation.