FIFA World Cup
Kompetensi, Uncategorized

FIFA WORLD CUP 2022, KAPAN DISELENGGARAKAN?

Hallo sobat Yassmin, siapa nih yang hobi sama sepak bola? Kabar baik buat kalian penggemar sepak bola karena turnamen bergengsi FIFA World Cup akan digelar pada tahun ini. FIFA menyelenggarakan turnamen 4 tahun sekali tahun ini akan bersinggah di negara Timur Tengah, Qatar. Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya Qatar menjadi tuan rumah turnamen Piala Dunia di negara Timur Tengah. Nah sebelum kita menilik lebih jauh tentang serba-serbi FIFA World Cup 2022, gak asik nih kalau kita belum mengenal lebih jauh tentang sejarah FIFA World Cup.

FIFA adalah organisasi olahraga cabang sepak bola terbesar di dunia. FIFA memiliki kepanjangan dari Federation Internationale de Football Association. Organisasi tersebut pertama kali memiliki kantor resmi di belakang Gedung Asosiasi Atletik, Paris, Perancis pada 21 Mei 1904. Pada mulanya beberapa negara menjadi inisiasi berdirinya FIFA. Negara yang menjadi inisiasi awal adalah Belgia, Perancis, Belanda, Denmark, Swiss, Swedia, dan Spanyol. Tujuan FIFA adalah mengorganisir perkembangan sepak bola dan menyelenggarakan turnamen sepak bola di seluruh dunia. Sejak 2016, FIFA telah melayani berbagai kompetisi bergengsi. FIFA menyelenggarakan turnamen hingga 21 kegiatan setiap 4 tahun.

Piala Dunia Ajang bergengsi Sepakbola Modern

Melansir dari website resminya, FIFA mengadakan turnamen pertamanya pada tahun 1930 di Uruguay dan sekaligus Uruguay menjadi pemenang. FIFA World Cup menampilkan 32 negara sebagai peserta dalam kompetisi tersebut. Sebelumnya, 32 negara telah melewati seleksi yang cukup ketat untuk mendapatkan tiket kompetisi. Para pemenang memperoleh hadiah uang yang tidak sedikit dan selalu berubah tahun demi tahun. tidak hanya itu, bagi para peserta merebutkan trofi FIFA menjadi sesuatu hal yang bergengsi. FIFA memberikan trofi bernama Jules Rimet bagi para pemenang dari tahun 1930 hingga 1970. FIFA memperoleh nama Jules Rimet sebagai trofi karena nama tersebut adalah orang yang mengusulkan adanya FIFA World Cup. Selanjutnya, piala diberikan secara permanen pada tahun 1970 kepada Brazil, sebagai peraih juara umum sebanyak 3 kali. Brazil memenangkan FIFA World Cup secara berturut-turut yaitu pada tahun 1958, 1962, dan 1970. Setelah itu, piala baru bernama Piala Dunia FIFA disiapkan untuk setiap kompetisi selanjutnya.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Jenis Sepatu Pria yang Cocok Untuk Lifestyle dan Hangout!

Bekerja Sesuai Fashion? Yuk, Simak Manfaatnya

Selain menjadi penyelenggaraan kompetisi sepak bola dunia, FIFA juga memiliki yayasan. Hal itu karena ada kerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan lembaga pembangunan global dan regional. selain itu, tujuannya untuk membangun kelompok hak asasi manusia, organisasi nirlaba internasional dan lokal. Tidak hanya itu, FIFA mengembangkan lembaga bagi mantan pemain untuk mempromosikan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera melalui sepak bola. Maka dari itu, FIFA telah membuat standar infrastruktur berkelanjutan minimum. FIFA akan mewajibkan untuk setiap proyek infrastruktur FIFA Forward baru yang akan dipresentasikan pada tahun 2021. Hal ini sangat berpengaruh terhadap perekonomian serta menjadi ajang promosi besar-besaran bagi negara yang akan menjadi tuan rumahnya.

Serba – Serbi FIFA World Cup 2022

Sebelumnya FIFA telah merilis logo resminya untuk World Cup 2022, logo FIFA World Cup yang berbentuk seperti angka 8 ini memiliki arti filosofis yang kuat. Melansir dari akun website resmi FIFA, lengkungan lambang yang menukik mewakili undulasi bukit pasir dan lingkaran yang tidak terputus menggambarkan nomor delapan menjadi lambang dari delapan stadion menakjubkan yang akan menjadi tuan rumah pertandingan. Sedangkan simbol infinity mencerminkan sifat acara yang saling berhubungan. Selain itu, bentuk tengah lambang mengambil inspirasi dari selendang wol tradisional. Selendang biasanya dipakai oleh masyarakat kawasan Arab dan Teluk khususnya dalam mengahadapi musim dingin selama berbulan-bulan.

Dengan berbagai persiapan yang sudah matang, turnamen akan dimulai pada tanggal 21 November 2022 yaitu pertandingan pembukaan, serta pertandingan final diadakan pada tanggal 18 Desember 2022, pertandingan pembukaan dan final akan diadakan di Stadion Lusail. Pertandingan lain diadakan di 7 stadion yang berbeda, diantaranya Stadion Al Thumama, Stadion Ras Abu Aboud, Stadion Internasional Khalifa, Stadion Kota Pendidikan, Stadion Al Bayt di Al Khor, Stadion Al Janoub dan Stadion Ahmed bin Ali di Al Rayyan.

Penulis : Aisyah Hanum Fathia

Editor: Damar Adjie Saputra

REFERENSI : 

https://www.kompas.com/sports/read/2021/04/09/21200088/fifa-sejarah-fungsi-dan-tugasnya?page=all (Diakses pada 13 Januari 2022)

https://www.britannica.com/biography/Carli-Lloyd (Diakses pada 13-01-2022)

https://sport.detik.com/sepakbola/bola-dunia/d-4692743/inilah-logo-piala-dunia-2022 (Diakses pada 13 Januari 2022)

https://www.fifa.com/tournaments/mens/worldcup/qatar2022/media-releases/fifa-world-cup-qatar-2022tm-official-emblem-revealed (Diakses pada 13 Januari 2022)

Leave A Comment

Your Comment
All comments are held for moderation.